Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Tashrif Di Ma’had Raudhatussunnah Al-Waliyyah

Firli Sukmawati, 200202027 (2024) Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Tashrif Di Ma’had Raudhatussunnah Al-Waliyyah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Tashrif Di Ma’had Raudhatussunnah Al-Waliyyah] Text (Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menghafal Tashrif Di Ma’had Raudhatussunnah Al-Waliyyah)
Firli Sukmawati, 200202027, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Adapun permasalahan dalam pembelajaran Sharaf di Ma’had Raudatussunnah Al-Waliyyah kelas Tajhizi (أ) adalah tidak adanya penggunaan metode khusus dalam menghafal tashrif oleh karena itu siswa tidak mampu menghafal tashrif secara berurutan dan bercampur antara satu wazan dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas dan respon siswa terhadap penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal tashrif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test Post-Test Design dan Peneliti menggunakan soal pre-test, post-test dan angket sebagai instrument dalam mengumpulkan data. Adapun hasil penerapan metode ini Efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal tashrif, berdasarkan hasil Paired Sample T-Test dengan tingkat signifikansi sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 dimana hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak. Adapun hasil respon siswa terhadap penerapan metode ini adalah Positif, dimana peneliti memperoleh hasil respon positif 72% dan respon Negatif 28%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Firli Sukmawati
Date Deposited: 08 May 2024 02:46
Last Modified: 08 May 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36500

Actions (login required)

View Item
View Item