Penerapan Media Booklet dalam Pembelajaran Membaca di MIS Al-Ittihadiyah Berastagi

Rayza Khairunnisa, 200202098 (2024) Penerapan Media Booklet dalam Pembelajaran Membaca di MIS Al-Ittihadiyah Berastagi. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Booklet dalam Pembelajaran Membaca di MIS Al-Ittihadiyah Berastagi] Text (Penerapan Media Booklet dalam Pembelajaran Membaca di MIS Al-Ittihadiyah Berastagi)
Rayza Khairunnisa, 200202098, FTK, PBA, 085362800275.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Setelah peneliti melakukan observasi, peneliti melihat bahwa siswa di MIS Al-Ittihadiyah Berastagi sulit dalam membaca teks Bahasa arab, dan kurangnya penguasaan siswa dalam kosa kata membuat mereka malas untuk membaca teks Bahasa Arab. Masalah ini timbul dari kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan beragam. Guru hanya menjelaskan materi didepan kelas dengan metode ceramah selama berjam-jam dan membuat siswa bosan dan mengantuk selama pembelajaran Bahasa Arab. Berdasarkan permasalahan ini peneliti mencoba menerapkan media pembelajaran Booklet dalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media Booklet dalam pembelajaran membaca di MIS-Al-Ittihadiyah Berastagi, dan menhetahui kegiatan siswa pada penerapan media Booklet dalam pembelajaran membaca di MIS Al-Ittihadiyah Berastagi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MIS Al-Ittihadiyah Berastagi yang berjumlah 232 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas lima yang berjumlah 26 siswa. Adapaun alat pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes (pre test - posttest) dan observasi lansung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Booklet efektif dalam pembelajaran membaca di MIS Al-Ittihadiyah Berastagi, hal ini sesuai dengan hasil uji Wilcoxon Sing Rank (0,008<0,05). Dan kegiatan siswa pada saat penerapan media Booklet sempurna dalam pembelajaran membaca. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi kegiatan siswa yaitu 98,8%, itu menunjukkan presentasi 81-100% dengan nilai sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rayza Khairunnisa Rayza
Date Deposited: 08 May 2024 02:57
Last Modified: 08 May 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36502

Actions (login required)

View Item
View Item