Penerapan Metode Snowball Tashrif Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Tashrif Fi’il Mudhari’

Nabila Shafira Zaida, 210202201 (2024) Penerapan Metode Snowball Tashrif Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Tashrif Fi’il Mudhari’. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Snowball Tashrif Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Tashrif Fi’il Mudhari’] Text (Penerapan Metode Snowball Tashrif Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Tashrif Fi’il Mudhari’)
Nabila Shafira Zaida, 210202201, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Adapun permasalahan dalam pembelajaran sharaf di MTS Darul Ulum Banda Aceh kelas 3 A adalah kurangnya pemahaman siswa dalam menyesuaikan antara kata asli dengan kata yang berubah dari bentuk asalnya sesuai konteks kalimat pada fi’il mudhari’. Sebagian siswa tidak mengetahui kata asli dari fi’il mudhari’, siswa tidak mampu menentukan kata ganti dari fi’il mudhari’, dan siswa tidak mampu mengubah fi’il mudhari’sesuai dhomir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas dan respon siswa terhadap penerapan metode Snowball Tashrif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami tashrif fi’il mudhari’. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test Post-Test Design dan peneliti menggunakan soal pre-test, post-test dan angket sebagai instrumen dalam mengumpulkan data. Adapun hasil penerapan metode Snowball Tashrif efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami tashrif fi’il mudhari’, peneliti memperoleh hasil Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak. Dan adapun hasil respon siswa terhadap penerapan metode Snowball Tashrif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami tashrif fi’il mudhari’ adalah positif, dimana peneliti memperoleh hasil respon positif 97,72% dan respon negatif 2,27%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nabila Shafira Zaida
Date Deposited: 08 May 2024 02:46
Last Modified: 08 May 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36503

Actions (login required)

View Item
View Item