Efektivitas Kursus Pra Perkawinan Islam Terhadap Tingkat Perceraian Di Terengganu (Analisis Modul Bersepadu Di Jabatan Hal Ehwal Agama Terengganu, Malaysia)

'Afifah Binti Hassan, 170101095 (2024) Efektivitas Kursus Pra Perkawinan Islam Terhadap Tingkat Perceraian Di Terengganu (Analisis Modul Bersepadu Di Jabatan Hal Ehwal Agama Terengganu, Malaysia). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Efektivitas, Kursus Pra Perkawinan, Perceraian] Text (Efektivitas, Kursus Pra Perkawinan, Perceraian)
'Afifah Binti Hassan, 170101095, FSH, HK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kursus Pra Perkawinan Islam merupakan salah satu kebutuhan dalam prosedur permohonan kebenaran untuk menikah yang harus dipenuhi oleh bakal pengantin Muslim di Malaysia. Ia bertujuan membantu pasangan mengeksplorasi gagasan untuk membina sebuah pernikahan agar dijadikan bekal awal untuk membangun fondasi yang kuat dan kukuh untuk masa depan pernikahan. Terdapat dua pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu; pertama, bagaimana mekanisme pelatihan dengan menggunakan Modul Bersepadu Kursus Pra Perkawinan Islam di Terengganu? kedua, bagaimana efektivitas pelatihan dengan menggunakan Modul Bersepadu Kursus Pra Perkawinan Islam terhadap tingkat perceraian di Terenggganu? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif yang bersifat yuridis-empiris dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bertempat di Kantor Jabatan Hal Ehwal Agama Terengganu, Malaysia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, mekanisme pelatihan yang digunakan adalah berdasarkan Modul Bersepadu Kursus Pra Perkawinan Islam yang merangkum materi-materi khusus untuk pemaparan dan pembekalan awal bagi sebuah pernikahan. Kedua, pelatihan yang dilangsungkan tersebut dapat menekan angka perceraian yang berlaku di Terengganu, dengan kata lain dinilai telah memenuhi kriteria dan pendekatan dalam memberi kesan efektivitas terhadap tingkat perceraian khusus di Terengganu, Malaysia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: 'Afifah Binti Hassan 'Afifah
Date Deposited: 08 May 2024 02:46
Last Modified: 08 May 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36504

Actions (login required)

View Item
View Item