Pengaruh Politik Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia (MPTT-I) Dalam Kontestasi Pemilihan Calon Anggota Legislatif Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2019 (Studi Kasus Di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya)

Hijju Alfan, 190801012 (2024) Pengaruh Politik Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia (MPTT-I) Dalam Kontestasi Pemilihan Calon Anggota Legislatif Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2019 (Studi Kasus Di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Pengaruh Politik Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia (MPTT-I) Dalam Kontestasi Pemilihan Calon Anggota Legislatif Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2019 (Studi Kasus Di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya)] Text (Pengaruh Politik Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia (MPTT-I) Dalam Kontestasi Pemilihan Calon Anggota Legislatif Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2019 (Studi Kasus Di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya))
Hijju Alfan, 190801012, FISIP, IP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT) adalah suatu lembaga/ organisasi keagamaan yang didirikan oleh Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi di pesantren Darul Ihsan gampong Pawoh kecamatan Labuhan Haji kabupaten Aceh Selatan. MPTT yang dipimpin oleh Abuya H. Amran Waly Al-Khalidi ini merupakan organisasi yang mempunyai pengaruh kuat di masyarakat Aceh Barat Daya khususnya di kecamatan Manggeng. Dengan kegiatan zikir akbar rateb siribee yang diselenggarkan di masyarakat membuat organisasi ini dikenal oleh banyak kalangan. MPTT dapat memobilisasi massa dalam skala besar. Maka, oleh sebab itu MPTT menjadi salah satu organisasi atau kumpulan massa yang mempunyai kekuatan politik dan dapat mempengaruhi legitimasi atau dukungan masyarakat Manggeng pada khususnya dan masyarakat Aceh Barat Daya pada umumnya dalam pemilihan legislatif tahun 2019. Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimana peran Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia (MPTT-I) dalam proses pemenangan para calon legislatif yang terafiliasi dengan MPTT-I pada Pileg 2019 di Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu berupa data yang berasal dari wawancara kepada beberapa informan yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian didapat terafiliasinya beberapa caleg secara tidak langsung dengan MPTT memberi pengaruh yang sangat baik dengan keterpilihan caleg tersebut dalam kontestasi politik, sehingga ada dua caleg di kecamatan Manggeng yang berhasil melaju menjadi anggota legislatif pada pemilu tahun 2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Hijju Alfan
Date Deposited: 08 May 2024 03:21
Last Modified: 08 May 2024 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36511

Actions (login required)

View Item
View Item