Penerapan Metode Sruktural Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Berbantuan Kartu Huruf Bergambar Di Kelas II MIN 8 Banda Aceh

Siti Chairuzadi, 200209100 (2024) Penerapan Metode Sruktural Analitik Sintetik (SAS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Berbantuan Kartu Huruf Bergambar Di Kelas II MIN 8 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Sruktural Analitik Sintetik (SAS) untuk meningkatkan    keterampilan membaca permulaan berbantuan kartu huruf bergambar di kelas II MIN 8 Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Sruktural Analitik Sintetik (SAS) untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan berbantuan kartu huruf bergambar di kelas II MIN 8 Banda Aceh)
Skripsi lengkap 07 - 5- 2024.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IIa MIN 8 Banda Aceh didapatkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa masih rendah. Dalam Upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yang lebih baik maka peneliti ingin menerapkan metode sruktural analitik sintetik (SAS) berbantuan kartu huruf bergambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajan membaca permulaan dengan menerapkan metode sruktural analitik sintetik (SAS) di kelas IIa MIN 8 Banda Aceh, dan untuk mengetahui penerapan metode sruktural analitik sintetik (SAS) untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan berbantuan kartu huruf bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK). Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes membaca. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru selama proses pembelajaran melalui penggunaan metode sruktural analitik sintetik (SAS) berbantuan kartu huruf bergambar pada siklus I dengan skor 66,25% sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 90%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan skor 63,75% sedangkan pada siklus II meningkat dengan skor 90%. Hasil tes membaca permulaan pada siklus I yaitu 51% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa dengan penggunaan metode sruktural analitik sintetik (SAS) berbantuan kartu huruf bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Chairuzadi Siti
Date Deposited: 08 May 2024 03:17
Last Modified: 08 May 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36512

Actions (login required)

View Item
View Item