Efektivitas Pendekatan Komunikatif Dengan Menggunakan Media Video Dalam Pembelajaran Muhatdasah (Studi Eksperimen Di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar)

Fathimah Zahra Bismi, 190202085 (2024) Efektivitas Pendekatan Komunikatif Dengan Menggunakan Media Video Dalam Pembelajaran Muhatdasah (Studi Eksperimen Di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Pendekatan Komunikatif Dengan Menggunakan Media Video Dalam Pembelajaran Muhatdasah (Studi Eksperimen Di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar)] Text (Efektivitas Pendekatan Komunikatif Dengan Menggunakan Media Video Dalam Pembelajaran Muhatdasah (Studi Eksperimen Di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar))
Fathimah Zahra Bismi, 190202085 , FTK, PBA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Dayah Darul Ihsan terletak di Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar yang memfokuskan siswa dalam menghafal Al-Qur’an serta mempelajari kitab-kitab,meskipun Bahasa Arab juga diajarkan disana. Namun, Ketika peneliti melihat bahwa siswa disana kurang dalam berbicaraBahasa arab . Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menerapkan pendekatan komunikatif melalui video animasi dalam pembelajaran muhadasah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah kalam, dan juga untuk mengetahui penerapan pendekatan komunikatif melalui video untuk meningkatkan siswa dalam berbicara Bahasa arab di kelas 1 MTSs darul ihsan. Adapun metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan rancangan Pre Experimental Design dengan model One Group Pre Test Post Test Design. Adapun Instrumen yang digunakan peneliti yaitu tes dan angket. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas 1 MTSs Darul Ihsan Aceh Besar, dan kelas satu (A) terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa.Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi ini efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara, hal ini di buktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,034 < 0,05. Adapun hasil angket siswa peneliti menemukan dari kertas angket bahwa dengan menggunakan metode ini mendapatkan jawaban positif (sangat setuju dan setuju) lebih banyak dari pada jawaban negative (tidak setuju dan sangat tidak setuju)dengan rasio: 67,3% > 32,6%, Karena hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa Kemampuannya dalam berbicara Bahasa arab meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fathimah Zahra Bismi
Date Deposited: 08 May 2024 03:30
Last Modified: 08 May 2024 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36514

Actions (login required)

View Item
View Item