Dampak Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Di Kota Banda Aceh

Radya Miska Sanjaya, 170801018 (2024) Dampak Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Dampak Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Di Kota Banda Aceh] Text (Dampak Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Di Kota Banda Aceh)
Radya Miska Sanjaya, 170801018, FISIP, IP, 082246856087.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Dampak Program Keluarga Harapan (Pkh) Terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Di Kota Banda Aceh. Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. PKH dituangkan dalam Peraturan Mentri Sosial Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan. Pada tahun 2014 program ini telah diaplikasikan di 34 provinsi di Indonesia. Salah satu kota di Provinsi Aceh yang juga melaksanakan Program Keluarga Harapan adalah Kota Banda Aceh. Jumlah penduduk miskin di Kota Banda Aceh pada tahun 2019 masih relatif tinggi yaitu sebesar 20,95 ribu jiwa dari total penduduk, dengan persentase sebesar 10,32%. Hingga tahun 2019, tercatat jumlah penerima bantuan PKH di Banda Aceh mencapai 8.537 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) Gampong yang terbanyak penerima program PKH tersebut ialah Gampong Jawa kecamatan Kuta Alam sedangkan gampong paling sedikit penerima program PKH adalah Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dampak positif dan negatifnya Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Kesejahteraan ekonomi masyarakat Kota Banda Aceh pada Gampong Jawa dan Gampong Rukoh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualiatif dengan pendekatan diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Program bantuan PKH pada gampong Jawa terlihat tidak berdampak pada perekonomian masyarakat gampong Jawa. Hal ini disebabkan masih banyaknya masyarakat gampong Jawa yang tidak sejahtera dari segi ekonomi bahkan banyak anak-anak gampong Jawa yang seharusnya usia sekolah tidak bersekolah dengan alasan kekurangan dari segi ekonomi. Namun berbanding terbalik yang terjadi di Gampong Rukoh dimana pendidikan anak anak gampong Rukoh terjamin dan terjadi peningkatan terhadap perekonomian masyarakat Rukoh. Hal ini menandakan adanya dampak positif dari program PKH terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat gampong Rukoh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Radya Miska Sanjaya
Date Deposited: 08 May 2024 03:31
Last Modified: 08 May 2024 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36516

Actions (login required)

View Item
View Item