Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Analisis Data di SMP/MTs

Adella Atamevia Sekar Asmarani, 200205006 (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Analisis Data di SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning] Text (Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning)
Adella Atamevia Sekar Asmarani, 200205006, FTK, PMA, 081269822577.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran dengan model problem based learning tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran. Ketersediaan e-modul berbasis problem based learning masih minim, selama ini guru masih menggunakan media pembelajaran berupa buku cetak terbitan kemendikbud. Maka dari itu dibutuhkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-Modul berbasis problem based learning pada materi analisis data khususnya materi ukuran pemusatan data fase D kelas VIII SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data berupa angket, wawancara, lembar validasi, angket respon peserta didik dan guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknis analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah produk yang dikembangkan pada tahap validasi materi mendapat hasil sebesar 0,88 dan dinyatakan sangat valid. Validasi kesesuaian materi dengan problem based learning mendapat hasil sebesar 0,83 dan dinyatakan sangat valid. Validasi media mendapat hasil sebesar 0,94 dan dinyatakan sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan dari pengguna (guru) mendapat hasil persentase sebesar 89,5% dan dinyatakan sangat praktis dan uji kepraktisan peserta didik mendapatkan hasil persentase sebesar 85,3% dan dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan telah valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Adella Atamevia Sekar Asmarani
Date Deposited: 13 May 2024 02:46
Last Modified: 13 May 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36539

Actions (login required)

View Item
View Item