Eksistensi Lembaga Pendidikan Dayah dalam Ekskalasi Politik Bangsa

Abdul Hadi, 2129068201, . (2017) Eksistensi Lembaga Pendidikan Dayah dalam Ekskalasi Politik Bangsa. Al-Ijtima'i, 2 (2). pp. 1-16. ISSN 2476-9029

[img]
Preview
Text (Tulisan ini mencoba mengkaji tentang dinamika peran lembaga dayah dalam perpolitikan di Aceh)
Jurnal Al- Ijtima'i.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form A dan Form C.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Dayah adalah lembaga pendidikan khas Aceh yang dalam rentang sejarah yang panjang telah memainkan peran yang sangat penting dalam rangka menjaga stabilitas politik khususnya di Aceh. Lembaga pendidikan ini telah melahirkan banyak pejuang, pembaharu dan politikus baik tingkat lokal keacehan maupun nasional. Lembaga ini telah lahir semenjak datangnya Islam ke Aceh dan tetap eksis hingga sekarang dengan dinamika yang terus berkembang. Hubungan lembaga pendidikan dayah dengan penguasa telah melahirkan banyak kebijakan-kebijakan pemerintah dalam rangka meredam konflik dan penegakan syariat Islam di Aceh. Sebagai wujud tanggung jawab negara dalam menjaga keberlangsungan dan eksistensi lembaga pendidikan dayah pemerintah telah membentuk satu badan khusus yang setara dengan dinas pendidikan lainnya di Aceh yang diberi nama Badan Pembinaan pendidikan Dayah (BPPD) Aceh. Dengan demikian pendidikan dayah diakui menjadi sebagai lembaga pendidikan resmi. Para alumni dari lembaga ini memiliki hak yang sama dengan alumni dari lembaga-lembaga pendidikan resmi lainnya di Aceh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pendidikan Dayah, politik, syariat Islam, Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Abdul Hadi
Date Deposited: 25 Apr 2018 09:41
Last Modified: 27 Mar 2019 09:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3657

Actions (login required)

View Item View Item
TOP