Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Laboratorium di SMA Labschool Syiah Kuala Banda Aceh

Farhan Alfani, 170201052 (2024) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Laboratorium di SMA Labschool Syiah Kuala Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam] Text (Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam)
Farhan Alfani, 170201052, FTK, PAI, 082287365281.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Agar pendidikan agama dapat memberikan pengetahuan, membentuk sikap,kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya, maka dalam implementasinya perlu dikelola dengan sebaik-baiknya, diantaranya melalui laboratorium PAI. Pengelolaan pembelajaran PAI melalui laboratorium kiranya dapat menghasilkan pengalaman belajar yang dibutuhkan siswa untuk dapat menguasai materi pelajaran, mempraktekkan dan pembiasaan sikap yang baik bagi siswa. Adapun rumusan masalah untuk penelitian ini adalah (1).Bagaimana Kretivitas guru PAI dalam perencanaan Laboratorium PAI di SMA SMA Labschool Syiah Kuala Banda Aceh?; (2). Bagaimana Kretivitas guru PAI dalam pelaksanaan Laboratorium PAI di SMA SMA Labschool Syiah Kuala Banda Aceh?; (3).Bagaimana Kretivitas guru PAI dalam mengevaluasi Laboratorium PAI di SMA SMA Labschool Syiah Kuala Banda Aceh?; (4).Bagaimana Kretivitas guru PAI dalam menindak lanjuti Laboratorium PAI diSMA SMA Labschool Syiah Kuala Banda Aceh?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI, waka kurikulum dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam penggunaan laboratorium PAI itu sudah diinisiasi mulai dari perencanaan pembuatan RPP dan dilanjutkan dengan pembelajaran maupun praktek dengan melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di lab tersebut. Pembelajaran dan praktik yang dilakukan di lab PAI berupa materi tajhiz jenazah, tabligh, khutbah, dakwah dan sebagainya. Jadi penggunaan dan pengelolaan lab yang dilaksanakan oleh guru PAI sudah kreatif karena direncanakan dan dilaksanakan dengan efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farhan Alfani Farhan
Date Deposited: 15 May 2024 02:23
Last Modified: 15 May 2024 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36608

Actions (login required)

View Item
View Item