Muhammad Rayyan Firdaus, 180201034 (2024) Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Di MTsN 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Muhammad Rayyan Firdaus, 180201034, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (18MB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran. Dengan menggunakan media dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga siswa dapat mengoptimalkan seluruh inderanya karena terlibat aktif saat belajar. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh dengan menggunakan media video di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh dengan menggunakan media video di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil pembelajaran pada siswa kelas VIII-3 memiliki nilai rata-rata yang berbeda. Rata-rata nilai tes awal sebesar 68,94 dengan standar deviation 8,363 dan persentase ketuntasan sebesar 34% sedangkan rata-rata nilai tes akhir sebesar 93,03 dengan standar deviation 4,496 dan persentase ketuntasan sebesar 100%, yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh dengan menggunakan media video di MTsN 4 Banda Aceh. Hasil persentase ketuntasan siswa dapat memperoleh peningkatan dikarenakan siswa lebih antusias dalam memahami langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan menyimak video pembelajaran dengan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Rayyan Firdaus |
Date Deposited: | 15 May 2024 02:34 |
Last Modified: | 15 May 2024 02:34 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36614 |