Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa pada Tema Benda-benda di Lingkungan Sekitar di Kelas V MIN 18 Aceh Besar

Rauzah, 201325076 (2017) Penerapan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa pada Tema Benda-benda di Lingkungan Sekitar di Kelas V MIN 18 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Project Based Learning)
Rauzah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini masih kurang memberikan perhatian terhadap kreativitas siswa. Dari hasil observasi di kelas VA MIN 18 Aceh Besar menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan pada kegiatan belajar-mengajar seperti: guru masih kurang tepat dalam memilih model pembelajaran, dan masih terbatas dalam mengembangkan media pembelajaran dengan baik seperti membuat sebuah karya (proyek). Hal ini menyebabkan siswa bosan dan jenuh dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model project based learning. Model project based leraning merupakan salah satu model pembelajaran di mana siswa dapat membuat sebuah proyek (karya) yang dapat melatih kreativitas siswa.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kreativitas siswa kelas V MIN 18 Aceh Besar dengan penerapan model project based learning pada tema benda-benda di lingkungan sekitar. (2) untuk mengetahui respon siswa kelas V MIN 18 Aceh Besar pada tema benda-benda di lingkungan sekitar dengan penerapan model project based learning. Rancangan penelitian bersifat Pre-eksperimental dengan desain penelitian Pre-Test-Post-Test Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 18 Aceh Besar, dan sampelnya adalah siswa kelas V-A berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan terhadap kreativitas siswa kelas V-A MIN 18 Aceh Besar pada tema benda-benda di lingkungan sekitar melalui penerapan model project based learning, dengan t hitung > t tabel, yaitu 11,60 > 1,71. Hasil analisis lembar observasi kreativitas siswa memperoleh nilai rata-rata 84,62% dengan kategori sangat kreatif. Dan hasil analisis angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 3,54, dengan kategori positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Saifullah, M.Ag 2.Daniah, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Kreativitas Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rauzah Abbas
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:35
Last Modified: 30 Apr 2018 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3662

Actions (login required)

View Item View Item
TOP