Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kluet Tengah Aceh Selatan

Dian Danita, 251222807 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kluet Tengah Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction dengan Pendekatan Saintifik]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction dengan Pendekatan Saintifik)
Dian Danita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa, respon siswa dan aktivitas guru dan siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem based intruction dengan pendekatan sainstifik pada materi Fluida Statis kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kluet Tengah Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experiment Design dengan One-GroupPretest–Posttest Design yang dilaksanakan pada satu kelas tanpa menggunakan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa, diperoleh dari nilai rata-rata pre-test 33,25% dan nilai rata-rata post-test 81,5%. Dengan menggunakan statistik uji t, maka diperoleh hasil thitung = 19,33, kemudian dicari ttabel dengan dk = (20-1) = 19 pada taraf signifikan α = 0,05 maka dari tabel distribusi diperoleh nilai ttabel = 1,73. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa thitung>ttabelyaitu 19,33 >1,73. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya respon siswa sangat setuju dengan diterapkan model pembelajaran Problem Based Intruction dengan Pendekatan Saintifik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based instruction dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd 2.Dra. Maimunah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Fluida Statis, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dian Danita
Date Deposited: 27 Apr 2018 02:45
Last Modified: 27 Apr 2018 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item
View Item