Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB Dan KPK Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Papan Multi Fungsi Di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Muhammad Afif Narfi, 200209036 (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB Dan KPK Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Papan Multi Fungsi Di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB Dan KPK Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Papan Multi Fungsi Di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar] Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi FPB Dan KPK Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Papan Multi Fungsi Di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar)
AFIF NARFI (I,II,III,IV & V) KTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar dapat dijadikan tolak ukur kesulitan siswa pada suatu materi matematika. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di MIN 26 Aceh Besar, bahwa hasil belajar matematika di kelas IV masih rendah, yaitu siswa belum dapat memahami materi matematika yang diajarkan mengakibatkan kepada nilai siswa yang tidak mencapai KKM, kemudian pembelajaran lebih terikat dengan buku dan media seadanya. Hal ini menunjukkan pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered). Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan papan multi fungsi dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dan hasil belajarnya pada materi FPB dan KPK. Prosedur penelitian tindakan kelas ini meliputi tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksankan di MIN 26 Aceh Besar semeseter ganjil tahun pelajaran 2023/2024 dengan subjek kelas IV dimana berjumlah 28 siswa, terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. KKM individual yang telah ditetapkan yaitu 73 dan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes kemudian dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 68.18%, siklus II meningkat menjadi 77.08% dan pada siklus III menjadi 87.5%. Aktivitas siswa pada siklus I hanya memperoleh 60%, padaa siklus II menjadi 70.90% kemudian pada siklus III meningkat menjadi 86.81%. Sedangkan pada hasil belajar siswa pada tes diagnostik yaitu, 10.71%, pada siklus I menjadi 75%, pada siklus II menjadi 85.71% dan pada siklus III meningkat menjadi 89.28% kemudian pada post test kembali meningkat menjadi 92.85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan media papan multi fungsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Afif Narfi Afif
Date Deposited: 16 May 2024 02:10
Last Modified: 16 May 2024 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36635

Actions (login required)

View Item
View Item