Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Kota Banda Aceh

Nurrus Shadiq, 170201188 (2023) Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Kota Banda Aceh] Text (Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Kota Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Kota Banda Aceh”, bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih, upaya guru PAI dalam menerapkan kompetensi pedagogik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih serta hambatan guru PAI meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik guru PAI MAN 1 Kota Banda Aceh berjalan sesuai kompetensi yang dicanangkan pemerintah bahwa guru Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Kota Banda Aceh. Kota Makassar memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang mereka telah hayati dan dikuasai sehi ngga dalam melaksanakan tugas keprofesionalan berjalan secara efektif. Dengan kemampuan guru yang mampu mengelola kelas dengan baik sehingga proses pembelajaran berjalan secara kondusif yang mampu memberikan pemahaman kepada siswa. Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Kota Banda Aceh berjalan secara efektif. Efektifnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas. Kemampuan guru dalam proses pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil evaluasi siswa bahwa kompetensi yang dimiliki guru dapat meningkatnya prestasi belajar siswa. Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Kota Banda Aceh dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu berasal dari siswa itu sendiri yang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda serta lingkungan keluarga siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurus Shadiq Shadiq
Date Deposited: 16 May 2024 03:26
Last Modified: 16 May 2024 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36673

Actions (login required)

View Item
View Item