Penerapan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas V MIN 10 Aceh Besar

M. Husaini, 170212070 (2023) Penerapan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas V MIN 10 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Aplikasi Duolingo  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas V MIN 10 Aceh Besar] Text (Penerapan Aplikasi Duolingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas V MIN 10 Aceh Besar)
REVISI SKRIPSI HUSAINI 170212070 revisi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar yang diketahui dari hasil observasi dan wawancara awal dengan guru bahasa inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa inggris menggunakan media aplikasi Duolingo. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 10 Aceh Besar dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk aktivitas belajar siswa ≥80 terlibat aktif dalam proses pembelajaran menggunakan media aplikasi duolingo dan untuk hasil belajar siswa adalah ≥70% dari KKM yang ditetapkan di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan media aplikasi duolingo pada pelajaran bahasa inggris kelas V MIN 10 Aceh Besar berhasil dilaksanakan dan mengalami peningkatan. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 70,6 dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 88,2. Rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 70,4% dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu dengan rata-rata 82,4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: M Husaini Husen
Date Deposited: 17 May 2024 02:59
Last Modified: 17 May 2024 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36681

Actions (login required)

View Item
View Item