Eksistensi Akta Nikah Bagi Pasangan Nikah di Bawah Tangan” (Studi di Kabupaten Gayo Lues)

Kasiyono, 211010013 (2024) Eksistensi Akta Nikah Bagi Pasangan Nikah di Bawah Tangan” (Studi di Kabupaten Gayo Lues). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kasiyono, 211010013 ( 2024 ).pdf] Text
Kasiyono, 211010013 ( 2024 ).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pokok pembahasan dalam tesis ini terfokus pada problematika melakukan nikah tidak tercatat atau nikah di bawah tangan yang terjadi di Kabupaten Gayo Lues, dampak bagi pelaku nikah di bawah tangan serta pandangan Hukum Islam dan hukum positif terhadap nikah di bawah tangan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi akta nikah bagi pasangan nikah bawah tangan pada masyarakat Kabupaten Gayo Lues, faktor yang melatarbelakangi terjadi pernikahan bawah tangan serta upaya yang ditempuh agar pernikahan dapat dicatatkan dan masyarakat mendapat Akta Nikah agar mendapat kemudahan dalam mendapatkan layanan pemerintah lainnya seperti pembuatan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Bantuan Pemerintah, dan lain sebagainya. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriftif. Data yang didapatkan dari person, place, and paper melalui observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa masyarakat Kabupaten Gayo Lues tidak mencatatkan pernikahan dipengaruhi oleh faktor perzinahan (hubungan seksual di luar nikah), poligami liar, hamil di luar nikah, faktor ekonomi, faktor mengutamakan aturan adat daripada aturan hukum, dan faktor geografis (terisolir).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 346 Hukum Perdata
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Hukum Keluarga
Depositing User: Kasiyono Kasiyono
Date Deposited: 20 May 2024 03:19
Last Modified: 20 May 2024 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36688

Actions (login required)

View Item
View Item