Implementasi Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Memprediksi Waktu Dan Jenis Tanaman Yang Sesuai Di Aplikasi Petani Aceh Smart (PAS)

Maulizal Ridwan, 190705096 (2023) Implementasi Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Memprediksi Waktu Dan Jenis Tanaman Yang Sesuai Di Aplikasi Petani Aceh Smart (PAS). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Memprediksi Waktu Dan Jenis Tanaman Yang Sesuai Di Aplikasi Petani Aceh Smart (PAS)] Text (Implementasi Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Memprediksi Waktu Dan Jenis Tanaman Yang Sesuai Di Aplikasi Petani Aceh Smart (PAS))
Tugas Akhir (Maulizal Ridwan - 190705096).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma Simple Additive Weighting (SAW) dalam memprediksi waktu dan jenis tanaman yang sesuai bagi petani. Pertanian merupakan sektor penting dalam perekonomian dan keberlangsungan hidup manusia. Namun, banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan petani dalam menanam tanaman, termasuk waktu penanaman yang tepat dan pilihan jenis tanaman yang cocok dengan kondisi lingkungan dan sumber daya yang tersedia. Metode SAW adalah salah satu metode pendukung keputusan yang efektif dalam mengevaluasi alternatif berdasarkan kriteria tertentu. Dalam penelitian ini, beberapa kriteria penting dipertimbangkan, seperti kelembapan udara, curah hujan, penyinaran matahari, dan suhu rata-rata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma SAW dapat menjadi alat yang bermanfaat bagi petani dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dalam menentukan waktu dan jenis tanaman. Dengan memanfaatkan algoritma ini, petani dapat mengurangi risiko kegagalan panen, meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya, dan pada akhirnya, meningkatkan hasil pertanian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Maulizal Ridwan Maulizal
Date Deposited: 20 May 2024 03:27
Last Modified: 20 May 2024 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36707

Actions (login required)

View Item
View Item