Iskandar Zulkarnain, 180201113 (2024) Upaya Pembinaan Karakter Oleh Guru SDN Lamklat Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Upaya Pembinaan Karakter Oleh Guru SDN Lamklat Kecamatan Darussalam Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Iskandar Zulkarnain, 180201113, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (18MB)
Abstract
Pembinaan karakter adalah suatu usaha yang dilakukan soerang pendidik dalam rangka pembentukan karakter atau moral siswa yang lebih baik lagi. SD Negeri Lamklat merupakan salah satu sekolah yang melakukan pembinaan karakter memlalui program-program sekolah maupun usaha guru khusunya guru PAI. Pembinaan karakter sangat penting mengingat bobroknya karakter para siswa yang disebabkan oleh lingkungan tidak sehat dan pengaruh perkembangan zaman. Penelitiann ini bertujuan untuk mendeskripsikan startegi guru dalam pembinaan karakter siswa serta kendala yang dialami dalam pembinaan karakter siswa di SDN Lamklat. Adapun Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis peneliti dengan mengunakan teknik berupa pengumpulan data mentah, reduksi data sessuai kebutuhan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini diperoleh bahwa strategi yang digunakan guru PAI yaitu metode keteladanan, dimana seorang guru dan warga sekolah lainnya memberikan contoh perilaku yang baik terhadap siswa yang menggambarkan karakter yang baik. Selain itu, di SDN Lamklat juga menggunakan strategi pembiasaan, hal tersebut dilaksanakan melalui program-program yang telah diciptkan sekolah seperti jadwal piket lingkungan dan kelas bagi siswa, wirit yasin setiap hari jumat, shalat berjamaah disaat shalat dhuha dan dzuhur serta menyalami guru ketika baru sampai sekolah dan masuk kelas. siswa dibiasakan membaca doa sebelum belajar, merapikan meja sebelum belajar. Guru menggunakan metode nasihat atau teguran kepada siswa yang berbuat salah. Adapun kendala yang dialami guru terdapat pada diri siswa sendiri dimana siswa selalu mengulang kesalahan yang sama walaupun guru sudah menasehatinya. Kemudian kendala lain terdapat pada sebagian orang tua yang kurang memahami nilai-nilai karakter pada anaknya di rumah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iskandar Zulkarnain |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:57 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36767 |