Pengajaran Tasrif dengan Metode Make a Match di MTsN 2 Aceh Besar

Nurita Rahmani, 200202105 (2024) Pengajaran Tasrif dengan Metode Make a Match di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengajaran Tasrif dengan Metode Make a Match di] Text (Pengajaran Tasrif dengan Metode Make a Match di)
Nurita Rahmani, 200202105, FTK, PBA, 085360076042.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti di MTsN 2 Aceh Besar, ditemukan bahwa siswa-siswi di kelas III (4) merasa kesulitan dalam memahami qawaid Sharaf khususnya tasrif fiil madhi yang telah dijelaskan oleh guru di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengajaran Tasrif dengan Metode Make a Match dan mengetahui bagaimana aktifitas guru dan siswa-siswi ketika pengajaran Tasrif dengan metode Make a Match. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti di dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model (One Group Pretest Posttest Design). Peneliti menggunakan observasi langsung, pre-test dan post-test sebagai metode dalam mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Aktifitas guru dan siswa-siswi saat pengajaran Tasrif dengan metode Make a Match berjalan dengan sangat baik, peneliti memperoleh nilai 90% untuk hasil observasi langsung aktifitas guru dan nilai 90% untuk hasil observasi langsung aktifitas siswa-siswi, kedua nilai tersebut berada di antara kisaran 81-100% dengan tingkatan sangat baik. (2) Pengajaran Tasrif dengan metode Make a Match berpengaruh pada kemampuan siswa-siswi dalam memahami tasrif fiil madhi, peneliti memperoleh hasil Paired Samples T-Test dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) 000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurita Rahmani Nurita
Date Deposited: 22 May 2024 03:02
Last Modified: 22 May 2024 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36802

Actions (login required)

View Item
View Item