Analisis Kemampuan Berpikir Intuisi dan Analitis Terhadap Peserta Didik Pada Alat Peraga Rangkaian Seri dan Paralel di MAN 3 Plus Keterampilan Banda Aceh

Alfi Fauzan Amsal, 200211015 (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Intuisi dan Analitis Terhadap Peserta Didik Pada Alat Peraga Rangkaian Seri dan Paralel di MAN 3 Plus Keterampilan Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kemampuan berpikir] Text (Membahas tentang kemampuan berpikir)
Alfi Fauzan Amsal. 200211015. FTK. PTE. 085262762607.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Proses berpikir adalah proses yang dilakukan oleh seseorang untuk mengingat kembali pengetahuan yang sudah ada di dalam ingatan mereka dan digunakan untuk menerima, mengolah, dan menyimpulkan sesuatu. Berpikir intuisi merupakan bagian dari aspek logika yang mengembangkan kemampuan seseorang untuk menganalisis secara spontan, cepat dan tepat pada suatu masalah. Selain dari pada itu dalam proses memecahkan masalah rangkaian seri dan paralel peserta didik juga memerlukan keterampilan berpikir secara terstuktur dan sistematis atau sering disebut dengan berpikir analitis. Berpikir analitis merupakan suatu kegiatan berpikir dengan sistematis atau terstruktur dan dapat mengindentifikasi masalah yang akan dihadapi dengan baik. Pada penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir intuisi dan berpikir analitis peserta didik di MAN 3 Plus Keterampilan Banda Aceh dalam memecahkan masalah rangkaian seri dan paralel. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Tahap penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen berupa tes dalam bentuk soal tes essay. Subjek yang ditujukan pada penelitian ini adalah peserta didik MAN 3 Plus Keterampilan Banda Aceh yang berjumlah 6 orang, diantaranya 2 orang dari kelas XII IPA 1, 2 orang dari kelas XII IPA 2 dan 2 orang dari kelas XII IPA 3. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbandingan kemampuan berpikir peserta didik MAN 3 Plus Keterampilan Banda yaitu dari 6 orang peserta didik, 4 diantaranya berkemampuan berpikir intuisi sebesar 67% dan 2 diantaranya berkemampuan berpikir analitis sebesar 33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peserta didik MAN 3 Plus Keterampilan Banda Aceh lebih didominasi berkemampuan berpikir intuisi dari pada berpikir analitis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 515 Analisis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Alfi Fauzan Amsal
Date Deposited: 27 May 2024 02:10
Last Modified: 27 May 2024 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36826

Actions (login required)

View Item
View Item