Haira Ajhari, 200209038 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
HAIRA AJHARI (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Motivasi belajar adalah dorongan yang timbul baik dari dalam maupun dari luar diri siswa, yang mampu menimbulkan semangat dan kegairahan belajar serta memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa peserta didik masih kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung, peserta didik tidak terlalu fokus dalam memperhatikan materi pelajaran, masih kurang aktif dalam dalam kelas, kurang ikut berpartisifasi serta masih ada peserta didik yang masih pasif dalam kelompok. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe teams games tournament berbantuan media powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas III SD Negeri Kajhu yang terdiri dari 29 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar observasi kegitan guru, lembar observasi kegiatan siswa, lembar angket motivasi belajar siswa dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang diperoleh bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I adalah 76,08 % dan pada siklus II memperoleh 88,04%, sedangkan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran siklus I memperoleh 70,23% dan siklus II sebanyak 82,14%, sedangkan motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh 74,03% dan pada siklus II memperoleh 83,89%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative tipe teams games tournament berbantuan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri Kajhu Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Haira Ajhari Hari |
Date Deposited: | 30 May 2024 02:25 |
Last Modified: | 30 May 2024 02:25 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36841 |