Penggunaan Media Powtoon Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Mata Ie Aceh Besar

Ahma Silvani Kisasih, 190209024 (2024) Penggunaan Media Powtoon Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Mata Ie Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Powtoon] Text (Media Powtoon)
SKRIPSI AHMA SILVANI KISASIH (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Saat proses pembelajaran berlangsung ditemukan siswa yang masih kurang memperhatikan guru saat menjelaskan kebanyakan dari mereka yang masih ribut dan bercerita saat guru mengajar. Hal ini disebabkan karna kurangnya memanfaatkan media pada saat proses pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 2 Mata Ie Aceh Besar. Salah satu pendekatan, dan media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu pendekatan saintifik dengan media powtoon. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk melihat aktivitas guru dalam menggunaan media powtoon dengan mengggunakan pendekatan saintifik siswa kelas V di SDN 2 Mata Ie Aceh Besar 2) Untuk melihat aktivitas siswa dalam menggunaan media powtoon dengan mengggunakan pendekatan saintifik siswa kelas V di SDN 2 Mata Ie Aceh Besar 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan Penggunaan media powtoon dengan Menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 2 Mata Ie Aceh Besar. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh bahwa 1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I adalah 78,75% (Baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 95,58% (Sangat Baik), 2) Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran pada siklus I memperoleh 70,53% (Baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,45% (Sangat Baik), 3) Hasil Post Test siswa pada siklus I memperoleh 50% dan pada siklus II memperoleh persentase 87,5%. Berdasarkan hasil analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powtoon dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 2 Mata Ie Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahma Silvani Kisasih Vani
Date Deposited: 30 May 2024 02:25
Last Modified: 30 May 2024 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36843

Actions (login required)

View Item
View Item