Lestari Pareda, 170201068 (2024) Pembentukan Kedisiplinan Siswa Dalam Pelaksanaan Shalat Zuhur Berjama’ah Di MTsN 3 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pembentukan Kedisiplinan Siswa Dalam Pelaksanaan Shalat Zuhur Berjama’ah Di MTsN 3 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lestari Pareda, 170201068, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Rendahnya perilaku disiplin siswa dalam melaksanakan shalat berjama’ah dapat terjadi di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Hal tesebut dapat terjadi karena program shalat berjama’ah yang diterapkan belum berjalan secara maksimal. Adapun rumusan masalah dalam penilitian ini adalah bagaimana kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat Zuhur berjama’ah di MTsN 3 Banda Aceh, bagaimana upaya guru dalam membentuk kedisiplinan siswa melalui shalat zuhur berjama’ah di MTsN 3 Banda Aceh, dan faktor penghambat dan pendukung dalam membentuk kedisiplinan siswa melalui shalat zuhur berjama’ah di MTsN 3 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembentukan Kedisiplinan Siswa dalam Shalat Zuhur Berjama’ah di MTsN 3 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 9 orang terdiri dari kepala sekolah, 1 orang guru Akidah Akhlak, 1 orang guru fiqih, dan 7 orang siswa MTsN 3 Banda Aceh. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembentukan kedisiplinan siswa di MTsN 3 Banda Aceh dimulai dengan adanya program shalat zuhur berjama’ah, dibentuk melalui a) sikap disiplin diri, b) disiplin sosial dan c) berusaha dalam disiplin. Adapun upaya guru dalam membentuk kedisiplinan siswa melalui shalat zuhur berjama’ah di MTsN 3 Banda Aceh dilakukan dengan cara menata kehidupan bersama, membangun dan melatih kepribadian siswa agar lebih disiplin dalam pelaksanaan shalat zuhur berjama’ah dan menciptakan lingkungan yang kondusif. Sementara faktor penghambat dalam membentuk kedisiplinan siswa melalui shalat zuhur berjama’ah di MTsN 3 Banda Aceh dari segi sarana dan prasana adalah: (1) fasilitas mushalla yang tidak ada di MTsN 3 Banda Aceh; (2) sering terjadi kekurangan air pada saat berwudhu. Selain dari faktor sarana dan prasarana ada beberapa faktor dalam pembentukan kedisiplinan siswa melalui shalat zuhur berjamaa’ah di MTsN 3 Banda Aceh yang akan menjadi faktor pendukung dan juga bisa menjadi faktor penghambat, yaitu faktor orang tua, faktor teman bergaul dan faktor sekolah yang menerapkan kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lestari Pareda |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 03:50 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 03:50 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36969 |