Nadia, 221008005 (2024) Pengaruh Word of Mouth, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Menggadaikan Kendaraan Pada Gadai Tradisional di Kota Langsa Provinsi Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengaruh Word of Mouth, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Menggadaikan Kendaraan Pada Gadai Tradisional di Kota Langsa Provinsi Aceh.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AWALAN TESIS NADIAAA-digabungkan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Praktik gadai tradisional dengan objek gadai berupa kendaraan menjadi praktik muamalah yang sering dilakukan oleh masyarakat. Praktik gadai tradisional yang dilakukan oleh masyarakat tersebut tidak sesuai dengan syariat Islam sehingga diduga telah terjadi fenomena post truth pada masyarakat yaitu sebuah situasi dimana masyarakat telah mengabaikan fakta kebenaran dan lebih cenderung pada keyakinan yang dirasa lebih sesuai dengannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth (komunikasi dari mulut ke mulut), pengetahuan dan lingkungan sosial terhadap keputusan pelanggan dalam menggadaikan kendaraan pada gadai tradisional di Kota Langsa Provinsi Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method (kuantitatif dan kualitatif) dengan desain triangulasi. Sampel yang digunakan yaitu masyarakat Kota Langsa yang pernah menggadaikan kendaraannya pada gadai tradisional sebanyak 119 responden dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner. Selain itu, terdapat 6 narasumber masyarakat Kota Langsa yang pernah menggadaikan kendaraannya pada gadai tradisional dan 3 narasumber yang merupakan pemilik jasa gadai tradisional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pelanggan dalam menggadaikan kendaraan pada gadai tradisional di Kota Langsa karena word of mouth telah menjadi sebuah komunikasi yang sering dijalankan oleh masyarakat dalam menyebarkan informasi atas pengalaman yang didapatkan dari sesuatu perbuatan, termasuk dalam hal ini yaitu pengalaman dari penggunaan jasa gadai tradisional. Masyarakat lebih percaya terhadap informasi yang disebarkan oleh seseorang yang sudah memiliki pengalaman dalam menggunakan suatu jasa. Selain itu, lingkungan sosial juga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pelanggan dalam menggadaikan kendaraan pada gadai tradisional di Kota Langsa dikarenakan masyarakat cenderung mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh lingkungan yang ada di sekelilingnya. Sedangkan pengetahuan tidak berpengaruh terhadap keputusan pelanggan dalam menggadaikan kendaraan pada gadai tradisional di Kota Langsa dikarenakan masyarakat yang telah memiliki pengetahuan akan ketidaksesuaian hukum dari gadai namun tetap melakukan praktik tersebut karena dirasa lebih menguntungkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.225 Rahm (Pegadaian) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Nadia Nadia |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:33 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:33 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36974 |