Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran PAI Fase E

M. Dio Rizkiansyah, 200201023 (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran PAI Fase E. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran PAI Fase E] Text (Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran PAI Fase E)
M. Dio Rizkiansyah, 200201023, FTK, PAI, 081265731567.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29MB)

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menuntut para peserta didik untuk mampu berpikir tingkat tinggi. Guru harus mampu menyiapkan instrumen penilaian yang dapat mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS ini muncul dari persoalan guru PAI yang kesulitan menyusun soal-soal HOTS. Guru disibukkan dengan menyiapkan administrasi pembelajaran sehingga tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyusun soal-soal HOTS. Penelitian ini memliki tujuan untuk mengembangkan produk berupa instrument penilaian berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quizizz pada pembelajaran PAI fase E dan mengetahui tingkat kelayakan serta respon guru terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima langkah, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation yang dimodifikasi sesuai dengan kondisi penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan angket respon guru. Jumlah validator pada pengembangan ini sebanyak 10 orang dan guru yang merespon sebanyak 2 orang. Untuk persentase tahap validasi dari bidang materi sebesar 97%, dari bidang bahasa sebesar 85%, dari bidang evaluasi sebesar 94%, dan dari bidang media sebesar 94%. Nilai rata-rata dari keseluruhan validator berjumlah 93% dengan kriteria “Sangat Layak”. Adapun hasil yang diperoleh dari respon beberapa guru PAI SMA/SMK secara keseluruhan sebesar 88% menunjukkan hasil “Sangat Baik”. Respon peserta didik menunjukkan angka 81% dengan kriteria “Sangat Layak”. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quizizz sangat layak digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran PAI Tingkat SMA/SMK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Dio Rizkiansyah
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:14
Last Modified: 04 Jun 2024 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36987

Actions (login required)

View Item
View Item