Penggunaan Metode Cerita Dengan Menggunakan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Studi Eksperimen Di MIN 2 Banda Aceh)

Enda Mulyana, 190202136 (2024) Penggunaan Metode Cerita Dengan Menggunakan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Studi Eksperimen Di MIN 2 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Cerita Dengan Menggunakan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Studi Eksperimen Di MIN 2 Banda Aceh)] Text (Penggunaan Metode Cerita Dengan Menggunakan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Studi Eksperimen Di MIN 2 Banda Aceh))
Enda Mulyana, 190202136, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang telah dilakukan peneliti di MIN 2 Banda Aceh lemah dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Diantaranya adalah penguasaan kosa kata yang lemah dan perasaan takut dalam menyampaikan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana penggunaan metode cerita dengan menggunakan media pop up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan untuk mengidentifikasi efektifitas penggunaan metode cerita dengan menggunakan media pop up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Peneliti memilih desain “Quasi Experiment Design” dan disebut dengan The non-equivalen Pre-test Post-test Design. Peneliti melakukan observasi langsung, pretest dan posttest sebagai metode dalam mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Penggunaan metode cerita dengan menggunakan media pop up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara berjalan dengan sangat baik, peneliti memperoleh nilai 96% untuk hasil observasi langsung aktifitas guru dan nilai 73% untuk hasil observasi langsung aktifitas siswa, kedua nilai tersebut berada diantara kisaran 81-100% dengan tingkatan sangat baik. (2) Penggunaan metode cerita dengan menggunakan media pop up book efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara, peneliti memperoleh hasil Independent Sample T Test dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Enda Mulyana
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:37
Last Modified: 04 Jun 2024 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37007

Actions (login required)

View Item
View Item