Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Motivasi Kerja Guru di MIN 10 Aceh Besar

Nurul Ulfia, 200206053 (2024) Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Motivasi Kerja Guru di MIN 10 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Motivasi Kerja Guru] Text (Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Motivasi Kerja Guru)
Nurul Ulfia, 200206053, FTK, MPI, 081269314758.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Dalam membangun motivasi dan semangat kerja guru perlu adanya kepemimpinan yang baik dalam mencapai tujuan. untuk menjaga keseimbangan, kesejahteraan guru, dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan dan kondisi bawahan. Motivasi kerja guru yang rendah, terlihat dari masih banyaknya guru yang kurang bersemangat dalam bekerja, seringnya izin meninggalkan tempat tugas saat jam kerja, yang dipengaruhi oleh rasa kurang semangat dalam menjalankan tugasnya. Hal ini akan menyebabkan kinerja guru menjadi menurun. Mengingat pentingnya motivasi kerja, maka seharusnya semua guru memiliki motivasi kerja yang baik guna kelancaran proses belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kepala madrasah dalam peningkatkan Motivasi kerja Guru di MIN 10 Aceh Besar, untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam peningkatkan motivasi kerja Guru di MIN 10 Aceh Besar, Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala madrasah dan lima orang guru pembelajaran. Data tersebut di analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan kepala madrasah dalam meningkatkan Motivasi kerja Guru di MIN 10 Aceh Besar berhasil dengan baik yang ditunjukkan oleh kinerja guru yang semakin. Terkait dengan kendala kepala madrasah dalam peningkatkan motivas kerja adalah karena ada guru yang masih tidak meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat membantu dalam peningkatan motivasi kerja. Solusinya adalah dengan melakukan komunikasi dua arah dan mencari solusi bersama kemudian kepala madrasah memberikan motivasi lebih banyak lagi agar dapat meyakinkan bahwa motivasi kerja sagat penting dalam kesuksesan proses mengajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Ufia Nurul
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:29
Last Modified: 05 Jun 2024 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37038

Actions (login required)

View Item
View Item