Penerapan Brain Gym terhadap Kecerdasan Matematis Siswa Kelas VII MTsN 4 Banda Aceh

Maulida, 261324571 (2018) Penerapan Brain Gym terhadap Kecerdasan Matematis Siswa Kelas VII MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
MAULIDA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang tidak menyenangkan dan kesulitan belajar yang berasal dari ketidakmampuan mengatasi stres dapat menyebabkan kecerdasan matematis siswa menjadi kurang optimal, sehingga salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan Brain Gym. Penerapan Brain Gym dalam penelitian ini dikombinasikan dengan model pembelajaran PBL dan diterapkan selama proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menganalisis rerata kecerdasan matematis siswa pada pembelajaran matematika yang menerapkan Brain Gym dengan materi Bentuk Aljabar, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Brain Gym tersebut terhadap kecerdasan matematis siswa itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang dapat mengukur kecerdasan matematis siswa dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji perbedaan rerata dengan menggunakan uji statistik T (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan matematis siswa pada kelas kontrol adalah 37,72 sedangkan rata-rata kecerdasan matematis siswa kelas eksperimen adalah 42,83. Setelah dilakukan uji beda rata-rata, diperoleh thitung = 4,97 > ttabel = 1,675, yang berarti bahwa kecerdasan matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran yang menerapkan gerakan Brain Gym lebih baik daripada kecerdasan matematis siswa yang dibelajarkan tanpa penerapan gerakan Brain Gym. Adapun pengaruh pembelajaran matematika dengan penerapan Brain Gym pada kecerdasan matematis juga telihat pada rata-rata persentase skor pada setiap indikator kecerdasan matematis sebelum dan setelahpenerapan Brain Gym. Rata-rata persentase skor pre-test yaitu 53,09% yang berarti bahwa kecerdasan matematis siswa berada pada kategori cukup, dan rata-rata persentase skor post-test yaitu 89,71% yang berarti kategori kecerdasan matematis siswa setelah penerapan Brain Gym berubah menjadi kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hafriani, M.Pd; 2. Cut Intan Salasiyah, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Brain Gym, Kecerdasan Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulida Bustami
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:26
Last Modified: 30 Apr 2018 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3704

Actions (login required)

View Item
View Item