Kolaborasi Guru Dan Pustakawan Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Perpustakaan Di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh

Indri Aulia Hafsari, 180503048 (2024) Kolaborasi Guru Dan Pustakawan Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Perpustakaan Di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kolaborasi Guru Dan Pustakawan Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Perpustakaan] Text (Kolaborasi Guru Dan Pustakawan Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Perpustakaan)
Indri Aulia Hafsari, 180503048, FAH, IP, 089513668887.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kolaborasi Guru dan Pustakawan dalam Proses Pembelajaran Berbasis Perpustakaan di Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk kolaborasi guru dan pustakawan dalam proses pembelajaran berbasis perpustakaan di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini 15 informan yang terdiri dari pustakawan, 4 guru, dan 10 siswa/i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dilaksanakan kegiatan kolaborasi guru dan pustakawan dalam proses pembelajaran berbasis perpustakaan. Bentuk kolaborasi guru dan pustakawan dalam proses pembelajaran berbasis perpustakaan yang terealisasikan yaitu Cooperative Learning, Inquiry-Discovery Learning, dan Problem Based Learning. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru dan pustakawan yaitu siswa merasa bosan, kurangnya SDM, koleksi yang tidak mutakhir, dan ruang perpustakaan yang tidak luas dan menarik. Solusi atau upaya yang dilakukan guru dan pustakawan dalam mengatasi rasa bosan siswa adalah dengan cara meminta siswa menceritakan kembali hasil pembelajaran yang telah dilakukan, dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk membuat perpustakaan menjadi lebih menarik adalah dengan membuat himbauan belajar atau media belajar sekreatif mungkin agar pembelajaran berbasis perpustakaan dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
800 Literature (Sastra)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Indri Aulia Hafsari Indri
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:26
Last Modified: 05 Jun 2024 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37046

Actions (login required)

View Item
View Item