Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas V SDN 19 Banda Aceh

Siti Fatimah, 200201038 (2024) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas V SDN 19 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw] Text (membahas tentang model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw)
Siti Fatimah, 200201038, FTK, PAI (3).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Seorang guru seharusnya mampu menerapkan model atau metode belajar yang sesuai dengan materi, kondisi kelas dan siswa. Dari hasil observasi awal di kelas V SDN 19 Banda Aceh ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran guru masih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran dan menyebabkan hasil belajar siswa rendah terbukti dari hasil penilaian tengah semesterhanya 68% dari 28 siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 75.Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw serta aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggratyang dilakukan sebanyak dua siklus dan terdiri 4 tahap yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi atau pengamatan dan (4)refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa, dibuktikan dari pemerolehan nilai persentase aktivitas guru pada siklus I berada pada angka 86,95% dan pada siklus II menjadi 92,39%.Adapun nilai persentase aktivitas siswa pada siklus I berada pada angka 82,69% menjadi 90,38% pada siklus II. Pemerolehan nilai rata-rata siswa pada posttest siklus I yaitu 79,52 menjadi 88,57 pada siklus II dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 80,95% (17 siswa tuntas)menjadi 95,23% (20 siswa tuntas).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawmampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN 19 Banda Aceh. Penelitian ini bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lapangan dan menjadi motivasi untuk terus melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:26
Last Modified: 05 Jun 2024 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37051

Actions (login required)

View Item
View Item