Pengelolaan Boarding School Dalam Pembinaan Kompetensi Sosial Peserta Didik Di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh

Misbahussuduri, 200206054 (2024) Pengelolaan Boarding School Dalam Pembinaan Kompetensi Sosial Peserta Didik Di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Boarding School Dalam Pembinaan Kompetensi Sosial Peserta Didik] Text (Pengelolaan Boarding School Dalam Pembinaan Kompetensi Sosial Peserta Didik)
Misbahussuduri, 200206054, FTK, MPI, 085372720788.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Boarding School merupakan suatu model pendidikan yang memadukan pendidikan agama dengan pengetahuan umum yang menitikberatkan pada kajian keislaman yang semakin kuat dan mampu membentuk kepribadian utuh pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan program dan Peran Boarding School dalam Pembinaan Kompetensi Sosial Peserta Didik di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, Display data dan penarikan kesimpulan. Subjek pada penelitian ini meliputi Wakil Kesiwaan, Pembina Asrama, dan Peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Perencanaan Program Boarding School dalam pembinaan kompetensi sosial Peserta di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh dilakukan pada setiap awal semester dengan mengadakan rapat kerja membahas program Boarding School bersama Guru, Kepala Sekolah, Komite dan pihak Dinas Pendidikan, rencana program tersebut kemudian diaplikasikan dalam sejumlah ketentuan kebijakan kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik, ketentuan kegiatan ini disusun dalam jadwal agenda rutin peserta didik (2). Pelaksanaan Boarding School dalam pembinaan kompetensi sosial peserta didik di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh dilakukan melalui kegiatan program yang berada diasrama yaitu kegiatan pembiasaan rutin atau agenda kegiatan rutin peserta didik, yaitu pengajian malam, sholat berjamaah, sholat tahajjud, puasa sunnah perleting, tahfiz, mendengar ceramah dan belajar kitab. (3). Evaluasi program Boarding School dalam pembinaan kompetensi sosial peserta didik di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh yaitu dilakukan dengan mengoreksi kekurangan dalam pelaksanaannya serta mempertahankan kelebihannya yang dilakukan pada akhir semester dengan melibatkan waka kesiswaan, dan Pembina asrama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Misbahussuduri Misbah
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:30
Last Modified: 05 Jun 2024 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37061

Actions (login required)

View Item
View Item