Penggunaan Lembar Kerja peserta Didik Berbasis Keterampilan proses Sains pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Bireuen.

Fitriani, 190207058 (2024) Penggunaan Lembar Kerja peserta Didik Berbasis Keterampilan proses Sains pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Bireuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Lembar Kerja peserta Didik Berbasis Keterampilan proses Sains pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2  Bireuen.] Text (Penggunaan Lembar Kerja peserta Didik Berbasis Keterampilan proses Sains pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Bireuen.)
BISMILLAH SIDANG SKRIPSI FITRI (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kurang bervariasinya penggunaan media pembelajaran pada materi sistem peredaran darah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA 2 Bireun. Salah satu Solusi nya adalah dengan penggunaan LKPD berbasis keterampilan proses sains. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Bireun dengan menggunaan LKPD berbasis keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bireuen, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Instrument penelitian menggunakan lembar angket dan soal tes. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis hasil belajar siswa menggunakan rumus N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian aktivitas siswa pada pertemuan mendapat persentase 76,3% dan nilai persentase meningkat pada pertemuan kedua dengan persentase 86,8% dengan kategori sangat aktif. Analisis hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pre-test yaitu 32 kemudian nilai rata-rata post-test yaitu 83,6 dan nilai N-Gain 0,76 tergolong kategori tinggi. Analisis uji-t menunjukan thitung > ttabel (36,08 > 2,045) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Bireuen melalui penggunaan LKPD berbasis keterampilan proses sains pada materi sistem peredaran darah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fitriani Fitri
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:52
Last Modified: 05 Jun 2024 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37072

Actions (login required)

View Item
View Item