Alfizar Ananda Nafiq, 170201079 (2024) Efektivitas Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembalajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Efektivitas Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembalajaran Pendidikan Agama Islam]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Alfizar Ananda Nafiq, 170201079, FTK, PAI, 0895616074556.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
Abstract
Kurikulum Merdeka Belajar merupakan pengembangan kurikulum terbaru yang menjadi pemulihan pembelajaran akibat adanya ketertinggalan pembelajaran yang disebabkan oleh adanya wabah pandemi Covid-19. Permasalahan penelitian ini adalah terdapat beberapa guru yang belum paham tentang pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar di kelas. Para guru masih merasa kebingungan dalam menelaah pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka Belajar. Sehingga menyebabkan kurikulum Merdeka Belajar ini menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Banda Aceh serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat efektivitas Kurikulum Merdeka Belajar terkait Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan mengambil lokasi penelitian di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Waka Kurikulum dan Guru Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan pertama, penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Banda Aceh telah mengikuti tahapan yang sesuai dengan konsep Kurikulum Merdeka Belajar walaupun terdapat kendala belum adanya buku pelajaran siswa atau guru. Kedua penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 3 Banda Aceh tergolong efektif hal ini dibuktikan dari siswa lebih berkerja nyata dalam hal melakukan, menciptakan dan memahami pelajaran. Ketiga, Faktor pendukung Kurikulum Merdeka Belajar yaitu kemahiran guru dalam merancang metode sesuai kebutuhan siswa, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai adapun faktor penghambat Kurikulum Merdeka Belajar yaitu kurangnya pelatihan kepada guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alfizar Ananda Nafiq Nanda |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:21 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:21 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37114 |