Nadhira, 180204047 (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Ed-Puzzle Pada Materi Suhu dan Kalor Tingkat SMA-MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
SKRIPSI_NADHIRA_180204047_PENDIDIKAN FISIKA_TARBIYAH Dan KEGURUAN _UIN AR-RANIRY .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang konvensional dan kurang media pembelajaran dalam kegiatan proses belajar mengajar menjadikan peserta didik kurang efektif saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembalajaran berbasis ed-puzzle pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video yang dikembangkan, jennies penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian Alessi dan Trollip yang terdiri dari 3 tahapan (1) Tahap Perencanaan (Planning), (2) Tahap Perancangan (Desain), dan (3) Tahap Pengembangan (Development), penelitiaan ini mengembangkan suatu produk media ajar. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada empat validator, yaitu dua validator ahli materi dan dua validator ahli media. Berdasarkan uji alfa validasi ahli materi memperoleh skor 95% dengan kriteria sangat layak dan validasi ahli media memperoleh skor 96,4% dengan kriteria sangat layak, sehingga diperoleh nilai keseluruhan dari validasi ahli materi dan ahli media, video pembelajaran memperoleh nilai skor total 95,8% dengan kriteria sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nadhira Dhira |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:13 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37118 |