Marjanul Hayat, 190202188 (2024) Peran Native Speaker Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Siswa Dayah Darul Ihsan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Marjanul Hayat, 190202188, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Tujuan dari pembelajaran suatu bahasa adalah pelajar dapat berbicara dengan bahasa tersebut sebagaimana penutur aslinya berbicara. Tidak sedikit dari pelajar bahasa arab serta dapat berbicara dengannya yang terjatuh dalam kesalahan yang membuat orang arab tidak dapat memahami mereka. Salah satu upaya dalam menghadapi fenomena ini adalah dengan menjadikan penutur asli (native speaker) bahasa arab sebagai pengajar dan contoh dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran bahasa arab dengan native speaker dalam meningkatkan kemampuan siswa pada keterampilan berbicara, perannya, serta kelebihan dan kesulitan yang diperoleh di Dayah Darul Ihsan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara wawancara dengan Pimpinan Dayah Darul Ihsan, native speaker yang mengajar, guru bahasa arab, dan siswa sebagai responden. Data juga dikumpulkan dengan cara observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis tematik dengan teori pendekatan Braun dan Clarke. Hasil penilitian menunjukkan: Pembelajaran bahasa arab dengan native speaker dalam meningkatkan kemampuan siswa pada keterampilan berbicara dilakukan dalam bentuk bebas dan semi formal dengan fokus pada maharah kalam. Native speaker berperan sebagai: peningkat motivasi, pengoreksi kesalahan, pengatur disiplin siswa, pelatih membantu siswa membiasakan diri berbicara dengan orang Arab, pelatih maharah istima’, peluas wawasan bahasa arab dan kebudayaannya serta keislaman. Kelebihan yang didapatkan adalah: melatih maharah istima’ siswa secara langsung, melatih maharah kalam siswa sebagaimana orang arab, membiasakan siswa dalam situasi berbicara dengan orang arab langsung, dan melatih kemampuan terjemah siswa. Kesulitan yang dihadapi: faktor disparitas, faktor dialek ‘amiyah, dan faktor Perbedaan sosial budaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Marjanul Hayat |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:21 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:21 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37125 |