Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 4 Aceh Besar

Luthfiah Khairani Nasution, 200201008 (2024) Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 4 Aceh Besar] Text (Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 4 Aceh Besar)
Luthfiah Khairani Nasution, 200201008, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam berbasis debat aktif kelas XII di MAN Pangkep. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran sejarah kebudayaan Islam berbasis debat aktif kelas XII di MAN Pangkep. (3) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis debat aktif kelas XII di MAN Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Fokus penelitian adalah efektivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis debat aktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis debat aktif, terdapat tiga tahap yang harus dilakukan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi pembelajaran. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis debat aktif di MAN Pangkep tersebut efektif dengan menggunakan metode debat pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode debat aktif ini tidak membosankan bagi peserta didik Karna menurut mereka metode ini sangat menarik dan tidak membuatnya mengantuk dalammengikuti pelajaran. Peserta didik merasa termotipasi untuk belajar ketika guru menggunakan metode debat aktif, mereka juga mudah memaami pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dijelaskan oleh guru atau teman kelompok. Selain itu terdapat faktor pendukung dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis debat aktif yaitu peserta didik aktif dalam pembelajaran baik itu bertanya, berpendapat, maupun menyanggah pendapat, banyaknya referensi yang didapat baik itu dari buku maupun dari internet, serta suasana pembelajaran dalam kelas menarik dan menyenangkan sehinga peserta didik bersemangat. Selain itu terdapat faktor penghambat yag di dapat yaitu ada peserta didik yang malu ataupun tidak percaya diri mengutarakan pendapatnya. Selain itu, kurangnya buku sejarahsehingga ada peserta didik yang tidak dapat buku. Suasana pembelajaran dengan menggunakan metode debat aktif tersebut terlalu lama berdebat terkadang membuat peserta didik merasa ngantuk. Disamping itu ada guru yang tidak menggunakan meode debat aktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luthfiah Khairani Nasution
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:49
Last Modified: 06 Jun 2024 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37127

Actions (login required)

View Item
View Item