Fitia Ananda, 170206106 (2023) Kebijakan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di SMK SMTI Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
revisi untuk yudis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Profesionalisme guru adalah kemampuan guru dalam melakukan tugas pokoknya sebagai tenaga pendidik dan pengajar yang meliputi kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. dan untuk meningkatkan profesionalisme guru tentunya kepala sekolah mempunyai kebijakan yang dibuat dimaksudkan agar semua guru-guru di sekolah menjadi tenaga pendidik yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan perencanaan kepala sekolah dalam peningkatan guru di SMK SMTI Banda Aceh dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan profesionalisme guru di SMK SMTI Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisanya menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan dua orang guru. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi peningkatan guru di SMK SMTI Banda Aceh sudah dilakukan oleh kepala sekolah dengan beberapa cara, yaitu: penjabaran visi dan misi dilakukan pada awal tahun ajaran baru, memberikan pendidikan dan pelatihan yang menunjang kualitas guru seperti magang di dinas perindustrian serta pelatihan diklat, membina suatu hubungan yang baik dalam lingkungan kerja., dan memberikan motivasi yaitu memberikan dukungan penuh kepada setiap guru-guru yang ada disekolah. (2) Perencanaan kepala sekolah dalam peningkatkan profesionalisme guru di SMK SMTI Banda Aceh dengan membentuk formulasi kebijakan, setiap korget pada rapat kerja akan memaparkan program-programnya. (3) Yang menjadi faktor pendukung adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai sehingga dalam peningkatan profesionalisme guru bisa dilakukan dengan baik. Dan yang menjadi faktor penghambat dalam peningkatan profesionalisme guru di SMK SMTI Banda Aceh adalah pada ‘waktu’ dimana jam pelatihan atau magang sering bentrok dengan jam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Fitia Ananda Fitia |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 02:53 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 02:53 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37149 |