Rizqi Muhammad Rayyan, 190202096 (2024) Penggunaan Metode Muhakah Dengan Media Display Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Kalam (Studi Eksperimen Di MTsS. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Metode Muhakah Dengan Media Display Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Kalam (Studi Eksperimen Di MTsS]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rizqi Muhammad Rayyan, 190202096, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB)
Abstract
Setelah peneliti melakukan observasi pertama di MTsS Oemar Diyan, peneliti menemukan bahwa para siswa berasal dari latar belakang sekolah dasar yang berbeda-beda, dan keadaan ini menyebabkan adanya perbedaan dalam keterampilan berbicara siswa. Bahkan banyak di antara mereka yang kesulitan mengikuti sistem sekolah yang mengharuskan siswanya berbicara dalam bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode muhakah dengan menggunakan media display untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan untuk mengetahui aktivitas siswa ketika menggunakan metode dan media tersebut untuk meningkatkan maharah kalam siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen dengan jenis Pre-Experimental Design yang diberi nama One Group Pre-Test Post-Test Design. Peneliti menggunakan observasi langsung, pre-test dan post-test sebagai metode pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan metode muhakah dan media display efektif dalam meningkatkan maharah kalam siswa setelah peneliti menemukan hasil Wilcoxon Signed Ranks Test sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak karena 0,000 lebih kecil dari 0,05.Aktivitas siswa saat menggunakan metode muhakah dan media display untuk meningkatkan maharah kalam siswa masuk dalam kategori “sangat baik”. Karena setelah peneliti menganalisis data dengan rumus, peneliti mendapatkan hasil sebesar 87,5%. Hal ini menunjukkan angka tersebut berada antara 81-100%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rizqi Muhammad Rayyan |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 03:01 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 03:01 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37189 |