Inna Maiza, 200206002 (2024) Pengelolaan E-Layanan Konseling Berbasis Whatsapp Dalam Peningkatan Disiplin Peserta Didik Di SMAN 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Inna Maiza, 200206002, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (18MB)
Abstract
Layanan konseling kurang efektif dalam menyampaikan informasi yang relevan dan bermanfaat kepada peserta didik, serta penggunaan media yang belum optimal dan ketidaksesuaian waktu dalam memberikan layanan konseling guna meningkatkan disiplin peserta didik. Elektronik konseling menjadi alternatif yang relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan peserta didik modern saat ini. Akan tetapi perlu adanya pengelolaan e-layanan konseling berbasis Whatsapp dalam peningkatan disiplin peserta didik di SMAN 4 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan kendala e-layanan konseling berbasis Whatsapp dalam peningkatan disiplin peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru BK, wali kelas, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan e-layanan konseling berbasis Whatsapp dilakukan melalui tahapan: 1) survei kebutuhan dan kepentingan peserta didik; 2) komunikasi dengan orang tua dan wali kelas 3) pembentukan beberapa grup Whatsapp; 4) pembagian tugas kepada guru BK; 5) dan perencanaan jangka panjang. Pelaksanaan e-layanan konseling berbasis Whatsapp dilakukan melalui tahapan: 1) Analisis kebutuhan peserta didik melalui link angket asesmen; 2) pengenalan materi konseling berbasis Whatsapp kepada orang tua dan peserta didik ; 3) konseling individual dan konseling kelompok melalui Whatsapp; 4) tindak lanjut kepada peserta didik yang tidak ada perubahan;
5)kolaborasi dengan orang tua dan wali kelas untuk penyelesaian kasus. Kendala- kendala dalam pengelolaan e-layanan konseling berbasis Whatsapp antara lain : 1) peserta didik terlambat mengisi angket asesmen melalui website; 2) penyalahgunaan WhatsApp; 3) keterbatasan teknologi; 4) kekurangan komunikasi non-verbal antara konselor dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Inna Maiza Inna |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 02:15 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 02:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37209 |