Partisipasi Guru dan Orang Tua dalam Pembinaan Perilaku Siswa MTsN Model Banda Aceh

Nisaul Kamila, 211020402 (2018) Partisipasi Guru dan Orang Tua dalam Pembinaan Perilaku Siswa MTsN Model Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Partisipasi Guru dan Orang Tua dalam Pembinaan Perilaku Siswa.)
Nisaul Kamila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Partisipasi guru dan orang tua dalam pembinaan perilaku siswa MTsN Model Banda Aceh berdasarkan hasil penelitian di lapangan telah berjalan baik, akan tetapi, belum maksimal, hal ini dikarenakan masih terdapat penyimpangan perilaku siswa sehingga peneliti mencari solusi terhadap penyimpangan-penyimpangan perilaku yang terjadi di kalangan siswa melalui partisipasi guru dan orang tua. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apa-apa saja penyimpangan perilaku yang terjadi di kalangan siswa di tingkat MTsN Model Banda Aceh?; Metode apa saja yang di gunakan dalam pembinaan perilaku menyimpang pada siswa?; Bagaimana partisipasi guru dan orang tua dalam pembinaan perilaku siswa MTsN Model Banda Aceh?; Bagaimana bentuk kerja sama yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam pembinaan perilaku siswa MTsN Model Banda Aceh?; dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang guru PAI dan 5 orang tua siswa, serta 5 orang siswa, jenis penelitian yang digunakan bersifat kualitatif, dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyimpangan perilaku yang terjadi di kalangan siswa di tingkat MTsN Model Banda Aceh diantaranya merokok, berpacaran, bergaya kebarat-baratan, mengganggu teman ketika belajar, bolos pada jam belajar, sering meminta izin meninggalkan kelas, malas mengerjakan tugas, tidak disiplin, mencuri, membuli, kurang sopan serta tidak patuh dengan orang tua dan guru. Metode pembinaan perilaku menyimpang pada siswa MTsN Banda Aceh di antaranya dengan cara menjadikan orang tua dan guru sebagai teladan siswa, menanamkan Aqidah/iman yang kuat tehadap siswa, menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, metode pembinaan perilaku menyimpang pada siswa juga dilakukan melalui pemberian nasehat, serta memanggil orang tua siswa kesekolah, pembinaan perilaku siswa telah berjalan dengan baik, akan tetapi belum optimal, bentuk-bentuk kerjasama antara orang tua dan guru dalam pembinaan pendidikan karakter anak yaitu guru dan orang tua saling berbagi informasi mengenai perkembangan karakter anak di sekolah, guru juga mengundang orang tua ke sekolah, serta mengadakan rapat dengan orang tua di sekolah, orangtua berkonsultasi dengan guru mengenai kebiasaan dan perilaku anaknya dirumah, selain itu sebagian orang tua juga ikut berpartisipasi dalam acara perlombaan dan program lainnya yang diadakan oleh sekolah, Maka dapat disimpulkan bahwa partisipasi guru dan orang tua dalam pembinaan perilaku siswa MTsN Model Banda Aceh telah dilakasanakan, akan tetapi pelaksanaannya belum sepenuhnya optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani, S.Ag, M.Ag 2. Zulfatmi, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Guru, Orang Tua, Pembinaan, Perilaku, siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nisaul Kamila
Date Deposited: 11 May 2018 04:24
Last Modified: 11 May 2018 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item View Item
TOP