Penerapan Model Tutor Sebaya dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar

Farhatun Nissa, 190201105 (2024) Penerapan Model Tutor Sebaya dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Tutor Sebaya dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar] Text (Penerapan Model Tutor Sebaya dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar)
Farhatun Nissa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri Darul Imarah Aceh Besar menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran belum berjalan secara maksimal dan pembelajaran masih terlihat monoton sehingga pembelajaran terkesan membosankan. Salah satu penyebabnya dikarenakan kurangnya inovasi (temuan baru) dalam pembelajaran termasuk model pembelajaran yang digunakan, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Model pembelajaran merupakan cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa saat berlangsungnya proses belajar mengajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran berperan penting dalam pembelajaran, karena dapat mempengaruhi jalannya kegiatan pembelajaran. Penelitian ini di latarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di SMA Ngeri 1 Darul Imarah Aceh Besar, sehingga aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 79,41% dan pada siklus II 89,70%, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 58,82% dan pada siklus II 86,76%. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 65,5 dan pada siklus II 89,7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farhatun Nissa Nissa
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:39
Last Modified: 14 Jun 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37305

Actions (login required)

View Item
View Item