Penerapan Metode Audio Lingual Dengan Permaian Tebak Tepat Pasangan dalam Pengajaran Kosakata Pada SMP IT Cendekia Takengon

Rina Gemasih, 200202092 (2024) Penerapan Metode Audio Lingual Dengan Permaian Tebak Tepat Pasangan dalam Pengajaran Kosakata Pada SMP IT Cendekia Takengon. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Audio Lingual Dengan Permaian Tebak Tepat Pasangan dalam Pengajaran Kosakata] Text (Penerapan Metode Audio Lingual Dengan Permaian Tebak Tepat Pasangan dalam Pengajaran Kosakata)
Rina Gemasih, 200202092, FTK, PBA, 081370126133 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti di SMP IT Cendekia Takengon, peneliti menyimpulkan bahwa siswa sulit berbicara bahasa Arab dikarenakan sedikitnya kosakata yang diketahui. Padahal kosakata adalah aspek penting dalam berbahasa sebagai wasilah berfikir untuk menyampaikan gagasan. hal ini membuat siswa sulit memahami materi dengan baik, serta metode pembelajaran yang monoton membuat siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membangkitkan semangat belajar siswa dengan metode pembelajaran yang variatif, mengetahui efektivitas penerapan metode audio lingual dengan permainan Tebak Tepat Pasangan dalam mempelajari kosakata. dan mengetahui aktifitas guru dan siswa ketika penerapan metode audio lingual dengan permainan Tebak Tepat Pasangan dalam mengajar dan mempelajari kosakata. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen dengan model "One Group Pre-Test Post-Test Design". Peneliti menggunakan observasi langsung, pretest dan post test sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan metode audio lingual dengan permainan Tebak Tepat Pasangan efektif untuk meningkatkat kemampuan siswa dalam mempelajari kosakata. Karena peneliti memperoleh hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan bahwa hasil tingkat signifikansi Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,000 yang lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi (Sig) 0,05. Ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. (2) Aktifitas guru dan siswa dalam menerapkan metode Audio Lingual dalam pengajaran kosakata sangat baik. Peneliti memperoleh nilai P=93,75٪ untuk hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Nilai tersebut berada pada kisaran 81 dan 100٪ dan hasil ini menunjukkan bahwa aktifitas guru dan siswa saat belajar mengajar sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 002 The Book
800 Literature (Sastra)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rina Gemasih
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:44
Last Modified: 26 Jun 2024 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37330

Actions (login required)

View Item
View Item