Efektifitas Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAS Luqman Al-Hakim

Nur Jamisah, 211323791 (2018) Efektifitas Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAS Luqman Al-Hakim. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Aqidah Akhlak]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Aqidah Akhlak)
Nur Jamisah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (955kB) | Preview

Abstract

Efektivitas diartikan sebagai kegiatan yang bisa memberi hasil yang memuaskan. Kegiatan belajar dikatakan efektif apabila kegiatan belajar tersebut bisa mencapai tujuannya dengan baik. Efektifnya suatu pembelajaran sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu, banyaknya pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran, siswa yang aktif dan mempunyai aqidah dan akhlak yang baik serta sarana dan prasarana yang memadai. Akan tetapi kenyataannya di MAS Luqman Al-Hakim penguasaan metode pembelajaran oleh guru masih sangat minim sekali, siswa kurang aktif serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Berdasarkan masalah tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul “Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAS Luqman Al-Hakim”. Dalam penelitian ini, penulis meneliti tentang Faktor Apa yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran Aqidah Akhlak di MAS Luqman Al-Hakim? Metode apa yang digunakan oleh guru Aqidah Akhlak dalam proses belajar mengajar di MAS Luqman Al-Hakim? Bagaimana Efektivitas pembelajaran Aqidah Akhlak di MAS Luqman Al-Hakim?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, kemudian data tersebut di analisis dengan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aqidah akhlak di MAS Luqman Al-Hakim masih kurang efektif. Adapun faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran aqidah akhlak di MAS Luqman Al-Hakim terdapat pada cara guru dalam mengajar dan diri siswa itu sendiri. Kemudian metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar hanya metode ceramah dan diskusi, dan diantara kedua metode tersebut metode ceramah lebih mendominasi, yang membuat siswa merasa bosan ketika proses belajar mengajar berlangsung. Dalam penulisan skripsi ini penulis berpedoman pada buku karya ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof.Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim,MA 2. Saifullah, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Pembelajaran, Akhlak, Aqidah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Jamisah 211323791
Date Deposited: 02 May 2018 04:08
Last Modified: 02 May 2018 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3737

Actions (login required)

View Item
View Item