Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah (syar’i marketing-mix) Usaha Ritel Konvensional Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online”. (Studi Kasus Pada Situs Lazada.co.id)

Heri Jufrizal, 160602252 (2024) Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah (syar’i marketing-mix) Usaha Ritel Konvensional Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online”. (Studi Kasus Pada Situs Lazada.co.id). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Bauran Pemasaran Syari'ah (Syar'i Marketing-Mix) Usaha Ritel Online Terhadap Minat Beli Konsumen (Kajian Pada Situs Lazada.co.id)] Text (Pengaruh Bauran Pemasaran Syari'ah (Syar'i Marketing-Mix) Usaha Ritel Online Terhadap Minat Beli Konsumen (Kajian Pada Situs Lazada.co.id))
Heri Jufrizal, 160602252, FEBI, ES..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Era digital yang sudah berkembang semakin pesat, memberikan efek yang sangat beragam dalam masyarakat, mulai dari cara berkomunikasi, hingga berbelanja kebutuhan sehari-hari yang mulai beralih ke dunia belanja digital (e-commerce). Dewasa ini banyak bermunculan pelaku usaha yang mengembangkan sayap bisnisnya secara online, baik yang mengembangkan dari bentuk usahanya yang dulu hingga yang memang baru memulai menjadi pengusaha, ini tak luput dari kemudahan akses, informasi, hingga daya jangkau yang sangat luas dengan bisnis berbasis online. Hal tersebut kemudian mengharuskan para pelaku usaha untuk merubah pola pemasaran yang semula hanya dengan metode konvensional kemudian juga menggunakan metode pemasaran berbasis online atau dalam ekonomi disebut bauran pemasaran demi meningkatkan angka penjualan. Bauran pemasaran sendiri juga telah diatur mekanismenya dalam tataran ekonomi syari’ah, agar terhindar dari prinsip-prinsip yang tidak sesuai dengan ajaran syariah. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan pada situs Lazada.co.id memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap minat beli konsumen secara umumnya, dimana secara simultan produk, promosi, harga, tempat, manusia, dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen secara online pada situs Lazada.co.id.Era digital yang sudah berkembang semakin pesat, memberikan efek yang sangat beragam dalam masyarakat, mulai dari cara berkomunikasi, hingga berbelanja kebutuhan sehari-hari yang mulai beralih ke dunia belanja digital (e-commerce). Dewasa ini banyak bermunculan pelaku usaha yang mengembangkan sayap bisnisnya secara online, baik yang mengembangkan dari bentuk usahanya yang dulu hingga yang memang baru memulai menjadi pengusaha, ini tak luput dari kemudahan akses, informasi, hingga daya jangkau yang sangat luas dengan bisnis berbasis online. Hal tersebut kemudian mengharuskan para pelaku usaha untuk merubah pola pemasaran yang semula hanya dengan metode konvensional kemudian juga menggunakan metode pemasaran berbasis online atau dalam ekonomi disebut bauran pemasaran demi meningkatkan angka penjualan. Bauran pemasaran sendiri juga telah diatur mekanismenya dalam tataran ekonomi syari’ah, agar terhindar dari prinsip-prinsip yang tidak sesuai dengan ajaran syariah. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa bauran pemasaran yang diterapkan pada situs Lazada.co.id memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap minat beli konsumen secara umumnya, dimana secara simultan produk, promosi, harga, tempat, manusia, dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen secara online pada situs Lazada.co.id.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Heri Jufrizal Heri
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:46
Last Modified: 02 Jul 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37393

Actions (login required)

View Item
View Item