Fenomena Bullying di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar: Studi Deskriptif terhadap Pencegahan dan Penanganan

Zulkarnaini, 180201040 (2023) Fenomena Bullying di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar: Studi Deskriptif terhadap Pencegahan dan Penanganan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Fenomena, Bullying, Pencegahan/Penanganan] Text (Fenomena, Bullying, Pencegahan/Penanganan)
Zulkarnaini, 180201040, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tindakan bullying merupakan salah satu masalah yang sering terjadi di lingkungan sekolah. Terkait adanya bullying guru Akidah Akhlak harus berperan aktif dalam mengatasi tindakan tersebut, dengan melakukan pembinaan terhadap moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Fenomena Bullying di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar: Studi Deskriptif terhadap Pencegahan dan Penanganan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana fenomena bullying yang terjadi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar, Tindakan apa saja yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak terhadap pencegahan dan penanganan bullying yang terjadi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar, serta apa faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami oleh guru Akidah Akhlak dalam menangani kasus bullying yang terjadi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa fenomena perilaku bully verbal yang paling sering dilakukan oleh siswa adalah saling ejek dan menggunakan kata-kata yang tidak baik sesama temannya, sedangkan fenomena bullying fisik yang dilakukan siswa di MAN 4 Aceh Besar yaitu menjitak atau memukul kepala teman. Tindakan guru Akidah Akhlak dalam mencegah dan menangani terjadinya bully di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar, antara lain melakukan kegiatan diskusi dan menghargai perbedaan pendapat teman, memberikan nasehat, memberikan dukungan dan semangat kepada korban bully, dan pembiasaan program-program keagamaan. Adapun faktor yang mendukung guru dalam mencegah terjadinya bullying di MAN 4 Aceh Besar yaitu kesadaran siswa untuk menanamkan nilai-nilai positif, dan adanya kerja sama antara semua dewan guru serta orangtua siswa. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah faktor lingkungan tempat tinggal, teman, dan pengaruh negatif dari game

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulkarnaini Zul
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:23
Last Modified: 16 Jul 2024 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37475

Actions (login required)

View Item
View Item