Strategi Guru dalam Pembelajaran SKI Pada Siswa MAN 3 Banda Aceh

Miftahul Jannah, 170201120 (2021) Strategi Guru dalam Pembelajaran SKI Pada Siswa MAN 3 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Guru dalam Pembelajaran SKI Pada Siswa MAN  3 Banda Aceh] Text (Strategi Guru dalam Pembelajaran SKI Pada Siswa MAN 3 Banda Aceh)
SKRIPSI MIFTAHUL JANNAH (170201120).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pelajaran SKI tidak banyak digemari oleh siswa seperti pelajaran umum lainnya. Ini dapat dilihat dari fenomena yang terjadi di dalam kelas, anak-anak kedapatan sering tertidur di dalam kelas, meminta izin dengan durasi yang lama keluar kelas, membaca gadget dan novel. Pelajaran SKI juga kerap dipandang oleh siswa sebagai dongeng sebelum tidur karena banyak mengandung kisah. Dengan demikian, pemilihan strategi sebagai penunjang pembelajaran dalam kurikulum 2013 revisi sangat diperhatikan sesuai studi kasus yang terjadi di sekolah MAN 3 Banda Aceh. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran SKI di MAN 3 Banda Aceh? 2) Bagaimana pelaksanaan SKI di MAN 3 Banda Aceh? 3) Apa saja kendala-kendala dalam pembelajaran SKI khususnya di kelas XI?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dukumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dan dijelaskan secara kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) perencanaan pembelajaran SKI yang diterapkan oleh Guru Ski di MAN 3 yaitu terdiri dari perencanaan yang RPP dan powerpoint. 2) pelaksanaan pembelajaran SKI yang diterapkan guru menggunakan Exspository Learning yang berupa ceramah, diskusi dan Tanya jawab. Selanjutnya adalah Cooperative Learning yang berupa diskusi kelompok dan dokumentasi. 3) kendala-kendala pembelajaran SKI adalah revisi kurikulum 2013 menciptakan perubahan signifikan terhadap materi ajar dan RPP yang telah disusun di tahun ajaran sebelumnya, tidak tersedianya fasilitas belajar pengajar yang lengkap, seperti proyektor di setiap kelas dan juga kurangnya pemahaman IPTEK , membuat guru kesulitan dalam mengikuti program Luring dan Daring yang diadakan pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftahul Jannah Mita
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:33
Last Modified: 18 Jul 2024 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37518

Actions (login required)

View Item
View Item