Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Beriman Kepada Qadha dan Qadar di Kelas IX SMP Negeri 18 Banda Aceh

Iskandar Yani, 211222450 (2017) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Beriman Kepada Qadha dan Qadar di Kelas IX SMP Negeri 18 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (886kB) | Preview

Abstract

Pemilihan judul ini di latarbelangkangi oleh keinginan penulis untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD, dimana pembelajaran berlangsung selama ini dianggap kurang efektif dan siswa pun merasa jenuh dikarenakan guru PAI umumnya kurang menggunakan variasi model pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Tercapainya keberhasilan siswa dalam belajar sangat dipengaruhi oleh Model Pembelajaran yang diterapkan guru saat mengajar. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah model kooperatif tipe student team achievement divisions (STAD). Adapun model STAD ini merupakan pembelajaran kooperatif yang sederhana, dimana para siswa dibagi beranggotakan 4-5 orang atau tim secara heterogen baik dari segi kemampuan (tinggi, sedang, rendah) dan jenis kelamin serta suku. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana kualifikasi guru menggunakan kooperatif tipe STAD pada materi beriman kepada qadha dan qadar SMP Negeri 18 Banda Aceh, (2) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada materi beriman kepada qadha dan qadar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu rancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar kualifikasi guru dan tes hasil peningkatan siswa, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) kualifikasi guru meningkat dari 79,41% pada siklus I menjadi 89,70% pada siklus II, (2) hasil belajar siswa pada siklus I 64,35% meningkat menjadi 92,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa atau 64,35% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat sebanyak 28 siswa atau 92,3%. Dengan demikian penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa semakin aktif serta keterampilan mangajar guru meningkat menjadi baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Zulfatmi, S.Ag,M,Ag 2. Isna Wardatul Bararah S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Prestasi Belajar, Model Tipe STAD, Qadha dan Qadar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iskandar Yani
Date Deposited: 21 Jun 2018 10:14
Last Modified: 21 Jun 2018 10:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3753

Actions (login required)

View Item
View Item