Widdatul Hasanah, 200205015 (2024) Pengembangan E-Modul Literasi Numerasi Elemen Geometri Siswa SMP. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Widdatul Hasanah, 200205015, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan literasi numerasi merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan di kehidupan dan harus dikuasai siswa. Berdasarkan data dari PISA dan TIMSS, kemampuan literasi numerasi siswa di Indonesia masih rendah. Salah satu penyebabnya karena bahan ajar literasi numerasi yang tersebar masih sangat minim, sehingga siswa tidak terbiasa dengan pembelajaran dan soal-soal berbasis literasi numerasi. Maka dari itu, dibutuhkan pengembangan bahan ajar literasi numerasi sebagai alat latih siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar literasi numerasi dalam bentuk e-modul pada elemen geometri khususnya materi hubungan garis dan sudut serta sifat kekongruenan segitiga fase D kelas VIII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian yaitu 25 siswa kelas VIII SMPN 2
Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data berupa lembar tes awal kemampuan literasi numerasi, kuisioner gaya belajar, pedoman wawancara, lembar validasi, lembar keterbacaan siswa serta angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penilaian e-modul dari segi penyajian materi dan evaluasi diperoleh rata-rata sebesar 4,37 serta dari segi media dan bahasa diperoleh nilai rata-rata 4,53, keduanya memiliki kriteria sangat valid.; (2) Hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respon siswa, diperoleh rata-rata sebesar 4,35 dengan kriteria sangat praktis, angket respon guru juga diperoleh kriteria sangat praktis dengan skor rata-rata sebesar 4,46. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul yang dikembangkan, teruji kevalidan dan kepraktisannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Widdatul Hasanah Widda |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 03:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 03:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37556 |